Instalasi sistem Windows di komputer Macbook memang agak sedikit berbeda dengan komputer atau laptop biasanya namun hal ini mudah dilakukan. Ikuti tahapan berikut ini.

1. Download versi terbaru dari Boot Camp di sini.

2. Jalankan Boot Camp Assistant dan burn sebuah Macintosh Drivers CD yang berisi perangkat penting driver untuk Windows XP sehingga dapat mengakses berbagai perangkat keras bagian Mac. Jadi Burn CD Driver Macintosh sekarang dan klik Next.

3. Setelah Anda selesai dengan Macintosh, CD driver, anda harus partisi pada Harddisk untuk Windows XP. Secara default, Mac memberikan hanya 5 gb untuk instalasi Windows XP seperti pada gambar. Anda dapat meningkatkan tetapi jika Anda ingin menggunakan XP sebagai sistem operasi Anda.

Anda dapat mengubah ukuran oleh drag bar vertikal antara dua sampai Anda mendapatkan ukuran yang Anda inginkan dan klik Partisi.

4. Sekarang setelah Anda partisi, masukkan CD Windows Xp dan menunggu untuk Mac mengenali dan kemudian Klik Mulai Instalasi dan akan memulai Instalasi Windows Xp.

5. Setelah itu Windows XP Instalasi akan mulai tekan Enter untuk melanjutkan, kemudian pilih partisi. Anda harus berhati-hati di sini dan memilih yang benar partisi yang Anda buat. Misalnya jika Anda membuat partisi disk yang memungkinkan 6GB, maka Anda akan melihat partisi yang memiliki ruang dan memilih partisi yang benar.

6. Sekarang Anda harus memilih jenis partisi. Ada dua jenis, FAT dan NTFS. NTFS adalah baru dan mendukung besar sedangkan partisi FAT tidak dapat menangani partisi besar sehingga Anda harus memilih FAT dan melakukan format penuh bukan satu cepat.

Sekarang setelah memformat, normal windows setup akan berjalan dan menginstal Windows Xp. Setelah instalasi selesai, sistem anda akan reboot dan sekarang anda harus mengambil CD Windows XP dan memasukkan Mac Drivers CD yang dibakar pada langkah 2. Selama instalasi driver, akan menampilkan Perangkat Keras Instalasi Window sebagai berbagai komponen yang berbasis Intel Macintosh tidak lulus uji kompatibilitas Microsoft Windows tapi apel memastikan bahwa mereka aman sehingga Klik Continue Anyway. Akan meminta Anda untuk reboot setelah instalasi driver dan kemudian ketika anda reboot akan mulai dengan Windows XP:

Jika Anda ingin mengubah sistem operasi dan ingin menggunakan Mac, tekan tombol pilihan di bawah dan Anda akan dapat melihat kedua Mac dan Windows dan Anda dapat memilih apa yang pernah anda ingin jalankan dari kedua sistem operasi tersebut.

Bookmark and Share

1 comments

  1. Anonymous // 28 July, 2009 12:12  

    maksih artikelnya

Related Articles