Virus komputer memang saat ini makin mengganas dan bertambah banyak dengan varian yang baru. Salah satunya adalah virus Conficker yang baru-baru ini cukup populer. Nah, bagaimana mengenali gejala komputer kita terinfeksi virus Conficker ini, simak bahasan dibawah ini.

Bila Anda pengguna komputer yang sering "bermain" dengan internet dan ternyata di komputer Anda muncul pesan Generic Host Process Error setiap kali terkoneksi internet maka Anda perlu curiga. Disamping itu virus ini "seolah-olah" melakukan aksi Bruteforce yang menyebabkan login username Active Directory dikunci. Beberapa kasus malahan serangan menyebabkan terganggunya koneksi internet komputer/jaringan korbannya. Komputer Anda bisa jadi sudah terinfeksi virus jenis ini...!

Beberapa gejala dibawah ini menggambarkan virus Conficker telah menginfeksi komputer:

1. Username Login di Active Directory (AD) Windows terkunci berulang-ulang. Jadi terkunci lagi meskipun sudah terkunci (lock) dan dibuka oleh Admin.
2. Komputer mendapatkan pesan error Generic Host Process.
3. Komputer tidak dapat mengakses situs-situs tertentu seperti www.microsoft.com, www.symantec.com, www.norman.com, www.clamav.com, www.grisoft.com, www.avast.com dan www.eset.com dengan pesan "Address not Found" namun jika situs-situs tersebut di akses dari alamat IPnya akan bisa diakses. Dan situs-situs lain tidak terdapat gangguan yang berarti.
4. Update definisi antivirus terganggu karena akses ke situs antivirus diblok.
5. Terdapat banyak aplikasi tidak berfungsi dengan baik. Khususnya aplikasi yang memanfaatkan jaringan dan menggunakan port 1024 s/d port 10.000.

Bila Anda menemui salah satu atau beberapa gejala diatas maka Anda perlu untuk membersihkan virus tersebut dari komputer Anda. Baca artikel berikutnya.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles