Trojan ganas kembali berulah. Kali ini menginfeksi para pengguna aplikasi Mac iWork 09 atau Photoshop CS4 bajakan. Jadi yang penting jangan menggunakan aplikasi bajakan yah dan tetap update antivirus dan sekuriti lainnya sehingga komputer tetap aman. Nah, gimana ceritanya tuh koq bisa terinfeksi. Baca ulasan singkat dibawah ini.

Trojan ganas ini diberi nama OSX.Trojan.iServices.A seperti yang dikemukan oleh perusahaan keamanan untuk Mac, Intego. Trojan tersebut terdapat di aplikasi Apple iWork 09 versi bajakan yang telah menyebar melalui BitTorrent network.


Terdapat paket tambahan yang tidak ada pada versi retail iWork yang disebut iWorkService.pkg diinstal sebagai item startup dengan kemampuan write/read/execute yang ada di iWork versi bajakan. Adapun seperti yang dikemukakan Intego bahwa software bajakan ini terkoneksi dengan sebuah remote server untuk memberitahukan kepada si pembuatnya bahwa Trojan telah diinstal pada komputer korban. Trojan secara otomatis mendownload sebuah kode jahat yang dapat berjalan tanpa diketahui yang kemudian dapat digunakan untuk memfasilitasi DDoS Attack pada situs tertentu.

Sedangkan pada Adobe Photoshop CS4 versi bajakan, menurut Intego juga dilaporkan ada sebuah varian baru dari Trojan yang sama yang disebut OSX.Trojan.iServices.B. Installer bajakan ini akan menginfeksi sistem dengan sebuah aplikasi keygen. Keygen ini akan mengekstrak data dan menginstal sebuah backdoor ke /var/temp/. Nah, jika pengguna menjalankan aplikasi crack lagi maka sebuah executable dengan nama acak diciptakan sehingga Trojan ini sulit dibersihkan.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles