WinDirStat: Aplikasi Dashboard Isi Harddisk

Posted by Adrianto | 11/13/2012 10:18:00 AM | | 0 comments »

Pernahkah Anda mengalami isi harddisk penuh sehingga menjadi jengkel? Kenapa yah...?
Tentu Anda ingin melihat directory mana yang memboroskan ruang harddisk . Memang banyak alat bantu di internet untuk cek disk, misalnya Windows Explorer ataupun Total Commander.

Nah, dengan menggunakan aplikasi kecil WinDirStat Anda dapat dengan mudah melihat masalah tsb diatas. WinDirStat dapat berfungsi sebagai dashboard isi HDD Anda yang mampu menganalisis pemakaian storage di komputer yang berbasis Windows dimana Anda dapat melihat tampilan secara grafis yang memakai metode treemapping.



Bila Anda pengguna Linux maka tentunya Anda sudah familiar dengan tampilan aplikasi WinDirStat karena menyerupai aplikasi KDirStat. WinDirStat bekerja dengan menelusuri ukuran setiap berkas pada suatu directory beserta subnya pada partisi yang terpilih serta menampilkan dalam bentuk kumpulan persegi panjang ( nested rectangle ).

Besarnya ukuran tsb mencerminkan ukuran berkas pada partisi ybs sehingga dengan membandingkannya  Anda dapat melihat ukuran mana yang tidak wajar dibandingkan dengan yang lainnya.


Terlihat pada gambar bahwa ada beberapa warna yang cukup menarik dan aplikasi ini juga dapat menampilkan seberapa banyak space harddisk yang kosong. Disamping itu aplikasi ini juga tidak besar ukurannya sekitar kurang dari 1 MB.


Bila Anda tertarik menggunakan aplikasi ini dapat didownload disini.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles