Windows Azure: Windows Menjadi Web

Posted by Adrianto | 10/29/2008 11:19:00 AM | , | 0 comments »

Raksasa software Microsoft telah memunculkan platform software yang berbasis cloud yang mampu menjalankan dan menghost aplikasi dan program. Menurut pihak Microsoft, Azzure akan menyediakan sistem penyimpanan dan komputasi, mengelola, dan menskalakan aplikasi internet atau aplikasi cloud bagi para pengembang software.

Azure adalah suatu platform seperti Windows namun dasar hardware platform adalah data center dari PC. Microsoft host Azure, para developer akan melakukan pekerjaan pada Microsoft host layanan data center. Azure Services Platform, itulah nama resminya dan ini dasarnya Windows Server 2008 dan hanya dapat diakses sebagai fitur layanan. Selain platform ini menjalankan Live Services, .NET Services, SQL Services, Microsoft SharePoint Services and Dynamics CRM. Komponen-komponen .NET services termasuk service bus, access control and workflow services. Fitur tsb adalah komponen SQL Database, sinkronisasi data, data mining, RTL dan referensi data.

Selain dari layanan tersebut, akan memberikan Microsoft Windows Live, Office Live dan Exchange, SharePoint, dan layanan online CRM. Pihak pengembang third party-terutama perusahaan, dan Web-ISV dapat membangun aplikasi atau layanan ini. Menurut Bob Muglia, Senior Vice President of Microsoft's Server and Tools division, menjelaskan bahwa Azure sebagai "menurunkan biaya-solusi untuk aplikasi skala global." Untuk para developer yang ingin murah dan efisien membuat layanan Web, Microsoft telah mendapat platform. Alasan ini sungguh berarti karena ada 3 hal penting sbb:

  • Microsoft akan memiliki lebih banyak kontrol atas platform, yang konseptual dapat membuatnya lebih stabil daripada pengembangan lingkungan Windows client.
  • Microsoft akan lebih langsung memiliki pendapatan. Sementara Microsoft merencanakan sebuah model partner, komponen yang akan datang kemudian banyak dan lebih untuk pengembangan kedalam dan bukan ke luar aplikasi dan layanan. Para pengembang akan membayar ke Microsoft.
  • Bekerja secara langsung dengan para pengembang Azure di Web. Jarak antara pengembang dan platform Microsoft dapat berkurang.
Windows Azure mendukung pengalaman pengembangan yang konsisten dengan integrasinya Visual Studio sehingga aplikasi-aplikasi NET managed yang dibangun dengan Visual Studio juga akan disupport. Windows Azure adalah platform terbuka yang akan mendukung bahasa dan lingkungan Microsoft maupun non-Microsoft. Tool dan bahasa ketiga seperti Eclipse, Ruby, PHP dan Phyton pun akan diterima oleh Windows Azure.

Dalam pengembangan ke depan, SharePoint Services dan Dynamics CRM Services akan menjadi bagian dari Azure dan yang lebih bagus lagi di mana aplikasi bisa di deploy ke seluruh dunia dan disimpan dan dijalankan dari jarak jauh/remote hanya dengan satu sentuhan tombol. Semoga...!

Lebih jauh bila Anda berminat dapat membaca di Azure Service Platform.



Bookmark and Share

0 comments

Related Articles