Netbook: Komputer Mini Masa kini

Posted by Adrianto | 10/28/2008 08:48:00 AM | , | 0 comments »

Meskipun saya sudah memiliki notebook Fujitsu S series, namun saat saya "berkeliling" di suatu pusat pertokoan khusus komputer membuat saya tergoda untuk mengetahui model komputer saat ini. Memang Fujitsu S6311, dari bentuknya pun sebenarnya sudah cukup kecil dan ringan untuk dibawa kemanapun pergi. Dengan layar cukup kecil 13,3 inci dan bobot sekitar 1,7 kg. Menurut saya waktu itu inilah model notebook yang pas untuk suatu mobilitas.

Namun dengan perkembangan teknologi saat ini ternyata muncul model notebook yang lebih kecil, yang saat ini lebih dikenal sebagai "Netbook". Produk mini ini memang dari harganya pun terbilang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan notebook Fujitsu atau merk notebook lainnya. Saat itu notebook Fujitsu sudah dibandrol dengan harga sekitar US$ 1.980 sedangkan untuk netbook rata-rata di kisaran US$ 250-450...harga cukup terpaut jauh..!

Menurut Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia mengatakan bahwa sisi fungsionalitaslah yang membedakan notebook dengan netbook ini. Notebook lebih bersifat content maker bagi pengguna yang lebih mengutamakan pada penciptaan suatu content seperti mengedit gambar atau video sedangkan netbook lebih bersifat content consumption, dimana si pengguna lebih mengutamakan perangkatnya untuk chatting, browsing internet, atau mendengarkan musik dan video.

Dikatakan pula bahwa dari sisi ukuran layarnya yang cuma 7-10 inci maka layar netbook ini lebih kecil dibandingkan layar notebook yang selama ini dimana biasanya notebook minimal berukuran 10 inci dan maksimal 17 inci. Disamping itu seperti sudah disebutkan diatas bahwa harga yang lebih murah menyertai komputer mini ini. Oleh karenanya netbook memiliki devices yang terbatas juga, seperti tidak disediakannya optical disk drive dan hanya memakai slot USB saja.

Setelah berjalan-jalan melihat produk-produk komputer, memang sudah cukup banyak produsen dan merk untuk netbook ini, diantaranya HP, Dell, Asus, dan Acer dengan harga yang bervariasi namun saya lihat memang harga sangat terjangkau.

Yang perlu ditekankan disini adalah bahwa netbook sebagai komputer mini tidak sesuai digunakan untuk keperluan video editing atau misalnya Anda menjalankan aplikasi AutoCAD, atau aplikasi lain yang membutuhkan resource besar lainnya. Namun bagi Anda yang suka "cuci mata" di mall dan makan sambil nge browsing internet atau ber chatting ria dengan Yahoo Messenger, Skype, MSN Messenger, atau Gtalk maka sudah saatnya Anda melirik produk netbook yang satu ini.





Bookmark and Share

0 comments

Related Articles