Bila Anda sudah memiliki blog dan sudah didisain sedemikian rupa sehingga tampilan blog menjadi lebih menarik dan kemudian ternyata Anda ingin menambahkan sebuah menu yang perlu ditampilkan seperti Menu Bar (seperti pada gambar diatas), apa yang perlu Anda lakukan...?

Boleh jadi hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Anda yang sudah "jago" programming HTML, CSS, dst... Namun bagi seorang pemula dalam membuat sebuah blog maka hal ini menjadi kendala tersendiri. Bisa saja template yang sudah ada dirubah namun widget yang sudah dibuat tentunya akan berubah pula. Bayangkan bila Anda harus membuat widget lagi yang jumlahnya sudah sedemikian banyak, rasanya bikin membosankan bukan...?

Nah, Anda tidak perlu khawatir. Disini akan langsung dibahas dan Anda tidak usah pusing-pusing lagi mikirin widget yang hilang bila Anda ingin menambahkan sebuah Menu Bar dalam blog Anda seperti template aslinya.

Pengalaman ini terjadi ketika penulis ingin menambah suatu Menu Bar yang memang pertamanya dihilangkan dan kemudian ingin dimunculkan kembali namun "ketinggalan" padahal widget sudah bertambah. Sempat terpikir untuk mengganti template aslinya supaya tampilan Menu Barnya muncul kembali namun konsekuensinya widget akan hilang dan buat baru lagi.

Ada cara tersendiri untuk mengatasi hal tersebut diatas bagi para pemula, seperti yang akan diuraikan dibawah ini:

1. Buka blog Anda di Blogger dan simpan terlebih dahulu (backup) template lama Anda.
2. Buka Text Editor dan jangan sekali-kali bila Anda seorang pemula melakukan editing template di Blogger Editor karena bisa kacau balau nanti hasil templatenya. Penulis memakai Notepad++. Silakan download disini bila Anda belum memilikinya.
3. Cari folder dimana Anda simpan file template aslinya di directory komputer Anda. Penulis menggunakan template dari Ourblogtemplates. Kemudian bandingkan dengan hasil backup template lama Anda (seperti penulis yang sebelumnya mendelete Menu Bar).
4. Buka dengan text editor Notepad++
Bila Anda pernah menghapus Menu Bar maka script yang hilang biasanya ada seperti di bawah ini:

5. Tambahkan script tsb di no 4. ke template Anda yang lama dimana Menu Bar nya telah dihapus sebelumnya. Bila Anda bingung cari script dibawah ini:

6. Jadi selengkapnya seperti dibawah ini:

7. Simpan hasil editing template lama Anda. Kemudian upload kembali pada menu Layout di menu seperti dibawah ini:

8. Selesai dan lihat tampilan Menu Bar Anda sudah muncul kembali setelah Anda menambahkan widget di menu Page Element untuk Link Bar nya.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles