PDF Viewer Di Gmail

Posted by Adrianto | 12/15/2008 09:34:00 PM | , | 0 comments »

Saat saya membuka email dari Gmail yang terdapat attachment file PDF agak cukup kaget. Kenapa? Meskipun biasanya saya membuka email dengan Outlook atau Thunderbird hal membuka file yang ber attachment PDF tidak membuat saya heran atau hal yang sudah biasa dalam sehari-harinya.

Namun kebetulan saya membuka di sebuah komputer yang memang tidak terdapat aplikasi PDF Viewer atau semacam aplikasi Acrobat Reader. Kebetulan pula saya membuka email dengan memakai Gmail. Nah, disinilah fitur yang baru bagi saya adalah tersedianya fitur untuk membuka file PDF tersebut sehingga saat membukanya tidak diperlukan lagi aplikasi pembuka file PDF lainnya karena di Gmail sekarang ini sudah terdapat aplikasi yang ditanamkan berupa PDF Viewer.

Biasanya format yang ditampilkan adalah format HTML biasa namun saat ini format file PDF sudah dapat dilihat dan termasuk image-imagenya. Disamping itu viewer ini dapat menampilkan thumbnail-thumbnail dari halaman-halaman dokumen kita. Selain itu juga terdapat zoom built-in untuk memperbesar teks dokumen.

Caranya mudah juga, cukup Anda buka Gmail dengan login terlebih dahulu. Kemudian pada tampilan Gmail terdapat tombol View. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


Pada tombol inilah kita bisa klik untuk melihat tampilan dokumen berformat PDF. Setelah Anda berhasil membuka file tersebut maka Anda akan melihat adanya beberapa thumbnail sehingga kita dapat membuka halaman secara cepat. Seperti tertampil di gambar dibawah ini:


Bookmark and Share

0 comments

Related Articles