Saat membuka layanan mesin pencari Google, saya sungguh terkejut dengan fitur baru tentang layanan penerjemah Bahasa Indonesia. Ternyata Google telah secara resmi mengumumkan peluncuran situs penerjemahan bahasa Indonesia dan 34 bahasa lainnya sehingga saat ini pengguna bahasa Indonesia di seluruh dunia dapat mencari dan membaca konten internet berbahasa asing dalam bahasa mereka sendiri dengan layanan Google Terjemahan™ ini (seperti terlihat di gambar atas).

Para pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk dapat menerjemahkan teks frase atau halaman web tertentu dari dan ke bahasa Indonesia dan menggunakan kata-kata kunci dalam bahasa Indonesia untuk mencari halaman web yang diterbitkan dalam 34 bahasa dan hasilnya dapat diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa Indonesia. Lebih memudahkan bukan...!

Disamping itu, Google juga menyediakan sebuah alat (atau gadget) yang dapat digunakan oleh pemilik situs berbahasa Indonesia untuk menerjemahkan secara instan halaman web mereka ke 34 bahasa lainnya. Seperti yang dikatakan oleh Google Southeast Asia Marketing Manager, Derek Callow, bahwa "Peluncuran Google Terjemahan™ dalam bahasa Indonesia akan memudahkan jutaan pengguna Internet berbahasa Indonesia di seluruh dunia untuk mencari dan mengakses lebih banyak konten web dalam bahasa mereka sendiri."

Dengan layanan fitur Google Terjemahan™ ini maka pengguna Internet memungkinkan untuk menyumbang dalam upaya membantu meningkatkan hasil terjemahan dari dan ke bahasa Indonesia. Fitur ini memungkinkan pula mereka untuk menyarankan terjemahan yang lebih baik dibandingkan dengan mesin penerjemahan apabila pengguna Internet mendapati sebuah terjemahan yang tidak akurat.

Google mampu menganalisa isi dari halaman web dan menghasilkan konten ke dalam bahasa Indonesia atau salah satu dari 34 bahasa yang dapat anda pilih dengan cepat, misalnya untuk menerjemahkan seluruh isi sebuah halaman web, seperti misalnya situs berbahasa Jepang tentang animasi terbaru dari negeri sakura itu, masukkan saja URL atau alamat web ke dalam kotak "Terjemahkan laman web" dan pilih Bahasa Indonesia sebagai tujuan bahasa yang ingin Anda terjemahkan.



Anda dapat juga membuat situs web konten lokal lebih mudah diakses oleh pengguna Internet di luar negeri dengan menggunakan Google Gadget ini yaitu hanya dengan menambahkan satu baris kode HTML di situs Anda. Misalnya, jika Anda mempunyai situs atau blog berbahasa Indonesia, dengan menambahkan gadget Google Terjemahan™, Anda dapat meningkatkan lalu lintas (traffic) situs Anda karena memudahkan pengguna Internet dari seluruh dunia untuk menerjemahkan halaman web Anda ke salah satu dari 34 bahasa pilihan yang mereka pahami.



Google Gadget yang berfungsi untuk menerjemahan situs web ini dapat digunakan secara gratis/free dan dapat dilekatkan (embed) ke dalam situs anda secara mudah. Caranya, pilih "Peralatan" pada Google Terjemahan™, kemudian pilih bahasa Indonesia untuk bahasa halaman web Anda, dan selanjutnya "cut and paste" kode HTML yang dihasilkan secara otomatis untuk dimasukan ke situs yang Anda miliki.



Dengan adanya menu drop-down yang terdapat pada gadget Google Terjemahan™ ini maka para pengguna Internet yang mengunjungi situs web berbahasa Indonesia dapat menerjemahkan situs web tersebut secara otomatis ke salah satu dari 34 bahasa yang tersedia. Pengguna tersebut akan dibawa secara otomatis ke versi situs Anda yang telah diterjemahkan.

Google Terjemahan™ saat ini mendukung bahasa-bahasa seperti yang terlihat di gambar atas dan dapat diakses di sini.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles