Bagi Anda pengguna Web Browser Firefox saat ini perlu meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman baru yang belum lama ini ditemukan oleh perusahaan antivirus Bit Defender. Ancaman yang menyerang pengguna Firefox ini berupa malware yang mencuri password di situs online banking.

Hasil riset dari team Bit Defender mengidentifikasi trojan tersebut dengan nama Trojan.PWS.Chromelnject.A. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Lab. Bit Defender, Viorel Canja, bahwa malware tersebut bersembunyi di dalam folder add on yang sering diaktifkan untuk melengkapi aplikasi tambahan browser Firefox tersebut.


Saat pengguna Firefox mengaktifkan browsernya maka malware tersebut langsung melakukan aksinya untuk menyerang dengan mencuri password data-data penting. Trojan.PWS.Chromelnject.A menggunakan Java Script untuk mengenali sekitar 100 situs yang biasa menyediakan transfer atau transaksi online seperti Paypal, Barclays, Wachovia, atau Bank of America. Ia akan mengumpulkan data password yang diketikkan korbannya dan password yang dicuri kemudian dikirimkan ke server yang berpusat di Russia.



Pengguna Firefox tentunya tidak perlu khawatir. Apabila Anda pengguna web browser ini maka ada baiknya untuk menghindari infeksi Trojan tersebut, Anda dapat mendonwload software yang ada di internet hanya di situs yang terpercaya. Pastikan bahwa Anda tidak sembarang juga mentransfer file yang ada di komputer dengan memakai flashdisk atau media sejenis lainnya. Lakukan update rutin antivirus Anda.

Anda tetap dapat melakukan update maupun mendownload add on yang ada di situs Firefox karena sejauh ini masih aman dan Mozilla telah memastikan untuk mengetatkan add on yang disimpan di situs resminya bebas dari kode jahat.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles