Install Google Desktop Di PC Anda

Posted by Adrianto | 12/23/2008 07:38:00 AM | | 0 comments »

Google... siapa yang tidak tahu akan nama ini? Nama Google identik dengan mesin pencarian yang paling banyak memiliki fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah fitur Google Desktop. Apa saja fitur-fitur yang ada dalam Google Desktop...? Silakan baca ulasan berikut ini.

Google Desktop membuat Anda begitu mudah melakukan pencarian teks penuh atas email Anda, file, musik, foto, chatting, Gmail, dsb. Disamping itu Anda dapat terbantu dalam mengumpulkan informasi dari web dan Anda dapat menyusun dengan Gadget dan Sidebar. Google Gadgets dapat ditempatkan di manapun pada desktop Anda untuk menampilkan email baru, cuaca, foto, berita, dan banyak lagi. Sidebar adalah sebuah balok vertikal pada desktop Anda yang membantu Anda tetap dapat mengorganisasikan gadget.

Pencarian Desktop

Bila Anda melakukan pencarian Desktop maka Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan hasil yang paling relevan. Anda dapat memfilter hasil pencarian tersebut misal berdasar jenis item, hanya file saja misalnya dengan menggunakan link di bagian atas halaman seperti nampak di bawah ini


Quick Search Box

Anda dapat menggunakan kotak pencarian cepat ini dengan mudah. Cukup tekan tombol "Ctrl" dua kali tombol panggil untuk membuat kotak pencarian dan tekan tombol "Ctrl' dua kali lagi untuk menghilangkannya. Anda juga dapat menggunakannya untuk meluncurkan aplikasi tanpa harus surfing ke menu Start, misalnya, Anda dapat memulai Microsoft Word dengan mengetikkan nama file ke dalam Kotak Pencarian Cepat dan memilih "Microsoft Word" dalam daftar hasil yang muncul. Untuk mencari di web, Anda hanya ketik istilah yang Anda cari kemudian tekan Enter.
<
Google Docs Drag-and-Drop



Google telah merilis Google Docs untuk Linux dan Windows (tidak support untuk Mac) yang memungkinkan pengguna untuk membuka dokumen Google mereka langsung dari Desktop. Pengguna dapat melakukan drag and drop ke kanan dokumen gadget untuk mengupload langsung ke Google Docs.

Google Gadget dan Sidebar


Gadget seperti jam, kalender, memo, dsb dapat Anda tambahkan ke dalam PC Anda dengan Google Gadget dan Sidebar yang berfungsi seperti Control Panel untuk mengatur gadget Anda.



Gadget Interface

Dengan fitur ini mencari gadget terbaru dapat lebih cepat, klik pada "+" tombol di bagian atas sidebar atau pilih "Tambahkan gadget" dari menu pilihan untuk menampilkan layar ini. Dari sini, Anda dapat melihat gadget dengan kategori dengan mengklik pada judul di sebelah kiri atau mencari gadget spesifik dengan menggunakan kotak pencarian di bagian atas kanan. Setelah menemukan gadget yang Anda inginkan, hanya mouse dan klik "Tambah" tombol.


Integrasi Dengan Outlook


Dengan Google Desktop maka pencarian Outlook email Anda menjadi lebih mudah dan cepat dengan menambahkan toolbar ke Outlook. Outlook akan menampilkan hasil pencarian dalam tampilan daftar biasa, termasuk untuk kolom "Dari", "Subyek", dan "Tanggal". Setiap hasil juga menunjukkan pesan berisi potongan istilah pencarian Anda. Anda dapat menyusun daftar hasil dengan mengklik kolom judul dan dapat langsung ke lokasi dalam daftar dengan mengetik surat.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles