Axis 206: Network Camera Berbasis IP

Posted by Adrianto | 12/24/2008 10:37:00 PM | , , , | 0 comments »

Saat memilih perangkat untuk memantau ruangan, mana yang Anda pilih antara CCTV, Webcam atau IP Camera...? Tentu saja bila Anda mengikuti perkembangan IT maka Anda akan jatuh pada pilihan IP Camera. Mengapa...? Ikuti ulasan berikut.

Memang CCTV sudah banyak dikenal jaman dahulu kala meskipun saat ini masih ada juga yang menggunakannya. Biaya untuk menginvestasikan perangkat ini relatif tergolong murah. CCTV hanya memerlukan kabel, pesawat TV dan media perekam bila kita ingin menyimpan situasi ruangan yang ingin kita awasi.

Namun bila Anda mengutamakan masalah investasi jangka panjang, keandalan, dan fleksibilitasnya maka pasti Anda akan memilih IP Camera. Sebenarnya Webcam pun sudah lumayan bagus akan tetapi perangkat ini kurang mendukung untuk digunakan sebagai monitor ruangan di tempat terbuka selama 24 jam.

Investasi untuk IP Camera lumayan mahal namun untuk jangka panjang hal ini tentu tidak masalah karena kehandalan dari perangkat ini. Disamping itu teknologi yang dipakai bisa untuk 10 tahun ke depan. Sebagai salah satu contoh adalah IP Camera merk Axis. Setelah mempraktekkan perangkat ini memang sangat bagus dari sisi kualitas kameranya sehingga area yang terpantau pun cukup jelas.


Merk ini memang cukup banyak type nya, dari yang simple sampai yang high end. Saat mencoba type yang simple dengan type Axis 206, hasil yang didapatkan sungguh tidak mengecewakan. Kualitas kamera dalam menangkap gambar cukup jelas. Pengoperasian aplikasinya juga cukup mudah. Hanya saja merk Axis ini menggunakan sistem lisensi sehingga per kamera akan memiliki 1 license bagi pengguna untuk dapat merekam hasilnya.

Namanya video streaming sehingga saat merekam gambar ke harddisk diperlukan kapasitas yang lumayan besar minimum 300 GB. Sistem perekaman ini dapat kita jadwalkan sehingga otomatis akan terekam sesuai dengan konfigurasinya. Disamping itu perekaman ini dapat kita setting misal hanya setiap motion atau gerakan saja untuk direkam sehingga kapasitas harddisk tidak tersita banyak bila dibandingkan harus direkam seluruhnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fitur-fitur menarik dari Axis ini cukup lengkap dan perlu dicatat bahwa type 206 ini saja telah mendukung untuk koneksi internet dalam arti pemantauan ruangan bisa dilihat via internet.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles