Perkembangan dunia informasi dan teknologi makin cepat. Meski saat ini dunia lagi krisis namun bukan berarti perkembangan IT makin turun. Malah semakin banyak perubahan ke arah lebih canggih bagi dunia perkomputeran baik hardware maupun software. Di sisi lain bila kita menengok perkembangan dunia komunikasi seperti ponsel (handphone) pun makin berkembang pula. Ponsel jaman sekarang sudah hampir mirip dengan Netbook, semakin tipis namun memiliki fitur canggih.

Nah, kali ini penulis coba mengulas salah satu aplikasi freeware bagi pengguna ponsel Sony Ericsson. Aplikasi ini sudah dicoba penulis dan cukup lengkap fitur-fiturnya bahkan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan software bawaannya.

Saat menginstal software bawaan SE, penulis cukup dibuat pusing saat ingin melihat daftar Phone Book yang ada karena ternyata tidak terlihat dalam aplikasi di layar. Beda dengan software dari Nokia Suite dimana kita dengan mudah bisa langsung melihatnya (apa mungkin penulis belum mengeksplorasi lebih lanjut ya...?). Setelah iseng-iseng cari sana-sini akhirnya menemukan aplikasi MyPhoneExplorer 1.7.1 ini.

Menghubungkan ponsel anda melalui kabel USB, bluetooth atau inframerah dan Anda akan terkejut cara mudah dan efisien, Anda dapat mengatur ponsel Anda dengan perangkat lunak ini. Sejak pertama munculnya MyPhoneExplorer berkembang menjadi yang paling populer freeware SE-alat untuk telepon dan terus diperluas oleh fitur-fitur baru.

Fitur-fitur yang ada sbb:

* Adressbook - dengan langsung sync ke Outlook, Outlook Express, Thunderbird dan Lotus Notes
* Organizer dengan calendarview dan langsung sync ke Outlook, Sunbird, Thunderbird, Rainlendar, Lotus Notes, Google dan net shared calendars (WebDAV, FTP, local)
* SMS - archive, ekspor, impor, excessive messages, ...
* Filebrowser dengan cachesystem untuk meminimalkan data transfer ...
* Atur phone clock berdasarkan atomtime
* Dan banyak lagi. f.e.: calllists, mengedit profil, phonemonitor, ...

MyPhoneExplorer dasarnya adalah kompatibel dengan semua telepon dari SonyEricsson kecuali P800i, P900i dan P910i. Selain itu ada beberapa Low-Cost-Phones (fe T200i) yang tidak ada PC-Interface. Jika anda menggunakan Symbian-Phone dari SE perlu dicatat: yang diperlukan untuk menginstal PC Suite-pertama dan hubungan dengan MyPhoneExplorer hanya mungkin penggunaan-USB Cable.

Saat mencoba aplikasi ini, penulis sempat menggunakan chatting via ponsel SE ini di komputer. Disamping itu kita bisa melakukan dial ke nomer-nomer telepon yang ada di phone book. Ukuran filenya pun cukup kecil sehingga tidak memberatkan komputer Anda.

Berikut ada beberapa screenshot dan fitur-fitur lain silakan Anda coba sendiri.


Bila Anda pengguna ponsel Sony Ericsson dan tertarik menggunakan aplikasi gratis ini silakan download disini.

Jangan lupa membaca artikel lain tentang Netbook.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles