QNAP TS - 201: Alternatif Network Storage

Posted by Adrianto | 12/16/2008 10:21:00 PM | , | 0 comments »


Rasanya untuk sistem penyimpanan data dalam suatu jaringan (network) dalam perusahaan tidak lengkap tanpa adanya sebuah penyimpanan yang terpusat. Seperti pada tulisan sebelumnya mengenai media storage antara SSD dan HDD, kita juga mengenal sistem penyimpanan data dengan tape backup. Namun sistem tape backup ini menurut saya kurang praktis karena kita harus "rajin" mengganti tape nya supaya penyimpanannya dapat terjadwal sesuai dengan kebutuhan.

Perkembangan sistem penyimpanan data dalam suatu network atau yang sering dikenal dengan NAS (Network Attached Storage) saat ini mengalami kemajuan yang pesat bahkan dari sisi harganya pun sudah cukup terjangkau. Bukan hanya untuk kalangan kelas enterprise saja untuk dapat menggunakannya namun saat ini kelas SMB (Small Medium Business) pun dapat "mencicipi" keunggulan dengan NAS.

QNAP TS-201, salah satu contoh penerapan NAS dalam suatu perusahaan yang cukup handal. Perangkat ini menurut hemat penulis cukup mudah digunakan karena aplikasi yang ada didalamnya cukup sederhana namun cukup powerful dalam menyimpan data-data. Diantara beberapa keunggulan QNAP TS-201 ini adalah sbb:

1. Membuat sendiri file di server secara mudah. Di QNAP TS-201 ini pengguna dapat membuat ID dan password tersendiri sehingga lebih "aman".
2. Anda dapat membuat sendiri server FTP dan mengatur hak aksesnya untuk kemudian dapat berbagi file dengan relasi Anda.
3. Adanya aplikasi untuk mereplikasi file di server Anda dengan backup otomatis menggunakan aplikasi yang sudah built-in didalam perangkat ini. Netbak Replicator memungkinkan Anda dapat melakukan sinkronisasi secara real time atau penjadwalan backup file.
4. Anda dapat mendownload file dengan menggunakan BitTorrent, FTP, atau HTTP pusat download harus mengaktifkan komputer Anda. Dengan berbasis web interface maka Anda dapat melakukan download tersebut kapan saja dan dimana saja.


Yang perlu dicatat disini adalah harddisknya yang bersifat hot-swappable dan saat instalasi petamanya pun sangat mudah sekali dan cepat. Khusus type ini memiliki 2 harddisk drive dan mendukung sampai kapastias 2TB, sungguh menarik bukan...! Disamping itu juga mendukung RAID 1 selama 24 jam dan nonstop 7 hari seminggu. Support pula untuk 1 x Gigabit RJ-45 Ethernet port.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles