Seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang AVG Antivirus yang menyebabkan crash di PC yang disebabkan oleh kesalahan dalam mendeteksi user32.dll ternyata saya alami juga untuk masalah di saat membuka email client Thunderbird. Hal ini terjadi pada AVG Antivirus Free 8.0 meskipun antivirus gratis ini cukup terkenal dan lumayan lengkap feature-featurenya.

Update AVG Antivirus harus selalu terupdate agar antivirus tersebut dapat mengenali virus-virus yang banyak bermunculan saat ini. Meskipun tidak ada software antivirus yang dapat menjamin 100% bisa melumpuhkan virus-virus yang ada namun setidaknya di komputer kita dapat "terjaga" keamanannya. Antivirus yang berbayar sekalipun tidak akan berguna bila kita tidak rajin mengupdate definisi file virusnya dan menscan komputer kita. Sekali lagi yang terpenting adalah selalu mengupdate definisi file virus dan scan pada komputer kita.

Namun belum lama ini saat membuka file di email client Thunderbird, saya menjumpai error message dari AVG Antivirus Free 8.0 ini meskipun selalu terupdate definition filenya. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya meskipun ada update definisi file terbaru. Error message tersebut sepertinya berasal saat membuka proses di Thunderbird dan dapat dilihat seperti dibawah ini

Meskipun sudah discan dengan update terbaru, error tersebut akan muncul lagi setiap kali mendownload email baru yang kebetulan melalui email client Thunderbird. Saat dalam proses download email sepertinya membutuhkan waktu lama dan kemudian proses download tidak dapat selesai dengan sempurna. Kemudian muncul Threat Detected: Trojan horse Downloader Generic8.CPP seperti gambar diatas.

Usaha-usaha untuk "membasmi" error tersebut kemana-mana ternyata tidak membawa keberhasilan padahal saya perlu untuk membuka email saya dengan segera. Dengan munculnya error tersebut maka email yang sudah terdownload tidak bisa dibuka (sepertinya diblok oleh AVG tersebut). Saya belum menemukan atau mencari apa penyebab dari threat detectednya AVG Antivirus Free 8.0 ini. Apakah timbul kesalahan dalam pendeteksian seperti pada tulisan saya sebelumnya dimana AVG salah dalam mendeteksi user32.dll sehingga muncul threat detected dan crash di PC atau karena update definisi virusnya yang bermasalah...? We don't know....

Memang alternatif yang paling menjengkelkan adalah melakukan instal ulang Windowsnya atau uninstall Thunderbirdnya dan kemudian instal berikutnya. Namun daripada berlama-lama dan belum tahu penyebabnya akhirnya saya mencoba untuk menggunakan "saudaranya gratisnya" AVG Free 8.0 ini yaitu Avast Antivirus.

Setelah selesai instalasi Avast Antivirus dan mencobanya ternyata masalah deteksi Trojan sudah tidak muncul lagi saat mendownload email dan membukanya. Namun sebelumnya melakukan update definisi virus terbaru dan menscan komputer terlebih dahulu. Di samping itu ternyata antivirus ini cukup ringan dan tidak memberatkan bekerjanya komputer saat bekerja.

Saat ini membuka email di Thunderbird sudah tidak bermasalah lagi. Dengan Avast Antivirus....enjoy aja lagi....!



Bookmark and Share

0 comments

Related Articles