Menanti Fitur Baru Windows 7

Posted by Adrianto | 12/19/2008 05:42:00 PM | , | 0 comments »

Microsoft sepertinya belum puas dengan hadirnya Vista. Hal ini terbukti dengan akan lahirnya sistem operasi yang paling gres yang sering disebut-sebut di kalangan IT yaitu Windows 7. Belum genap 2 tahun sejak Vista dirilis, Microsoft sudah mulai menggencarkan promosi bagi sistem operasi terbarunya itu. Berikut akan dikupas beberapa fitur yang baru yang terdapat di Windows 7.

Sejak diluncurkannya Vista ternyata yang terjadi pada sebagian besar para pengguna memberikan persepsi bahwa Vista merupakan sistem operasi yang membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi dan memiliki masalah kompatibiltas disamping harganya yang lumayan mahal.


Saat penulis ingin mengupgrade sistem operasi yang ada (Windows XP Pro) dengan Vista ini sempat berpikir dua kali. Mengapa..? Pertama, spesifikasi hardware komputer yang rata-rata sudah termakan usia memerlukan banyak perubahan untuk dapat menjalankan Vista ini. Kedua, secara penggunaan softwarenya mungkin butuh waktu untuk mengadaptasinya. Ketiga, yang biasanya sensitif di masyarakat kita adalah masalah harga. Mungkin harga ini masih tergolong relatif cukup tinggi. Untung belum kesampaian upgrade, ternyata umur Vista tidak akan lama lagi tergantikan oleh Windows 7 ini.

Pada awal Oktober 2008 lalu Microsoft telah mengenalkan beberapa detail Windows 7 ini. Beberapa fitur baru yang terdapat di Windows 7 diantaranya adalah:
  1. Windows 7 menampilkan iconnya berukuran besar seperti menu pada Mac OS X. Bila Anda memposisikan kursor di atas ikon tersebut maka akan muncul jendela Preview dalam bentuk Thumbnail.
  2. Pendeteksian perangkat yang terhubung ke komputer akan ditandai dengan tanda Taskbar bersama jendela aplikasi.
  3. Fitur Device Stage, dimana pengguna lebih mudah dalam mengoperasikannya karena semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu misal fitur konfigurasi dan dokumentasi akan tertampil.
  4. Fitur Home Group. Fitur ini membawa Anda serasa berada di satu komputer yang sama terutama bila Anda terhubung dalam suatu jaringan. Fasilitas ini berguna untuk menghubungkan beberapa komputer dalam proses file sharing dan peripheral.
  5. Fungsi pengiriman file media dari komputer ke berbagai perangkat elektronikyang telah mendukung streaming melalui network sudah ada pada Windows 7.
  6. Microsoft menyediakan menu Theme dengan preview yang berukuran kecil dimana di Windows 7 bernama Styles.
  7. Fitur Paint tampil dengan UI Ribbon dari Office 2007 yang saat ini menjadi standard di banyak aplikasi Microsoft.
  8. Multi Touch, fitur ini memungkinkan pengguna mengendalikan OS dengan kedua tangan.
Beberapa fitur yang membedakan dengan seri OS Windows sebelumnya seperti yang telah diuraikan diatas akan dapat kita rasakan pada tahun 2010 mendatang. Kita nantikan saja... !

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles