Saat ini pengguna internet di seluruh dunia dimanjakan dengan lahirnya beberapa browser dengan keunggulannya masing-masing seperti Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dan bahkan Microsoft pun tidak ingin ketinggalan dengan mengenalkan produk terbarunya Internet Explorer 8 (IE 8).

Memang dibandingkan dengan produk Microsoft sebelumnya seperti Internet Explorer 7 maka Internet Explorer 8 ini jauh memiliki fitur yang cukup canggih dan memudahkan user dalam bernavigasi di internet. Harapan pengguna internet akan fitur baru ini semakin dekat dengan diluncurkannya versi Release Candidate (RC) dari Internet Explorer 8 dimana versi RC adalah versi terakhir sebelum versi final. Fitur-fitur yang cukup menarik dapat dibaca dibawah ini.

Fitur baru IE 8 juga mengakomodasi harapan para developer dengan adanya Developer Tools bahkan tools ini dapat selaras dengan Visual Studio 2008. Para software developer tentunya akan dipermudah dengan tools ini saat membuat debug aplikasi web dan mengembangkan aplikasi tersebut.

Dibandingkan dengan browser lain mungkin fitur Tab Grouping di IE 8 cukup bagus dan menarik. Maksudnya bagaimana...? Bila Anda sering mengunjungi beberapa situs di internet maka fitur Tab Grouping ini akan bekerja secara otomatis mengelompokkan halaman yang sedang Anda kunjungi dan Anda pun dimudahkan dalam membedakan grup-grup yang ada dengan berdasarkan wana dari setiap tab yang ada di browser.

Fitur yang satu ini cukup menarik pula bila Anda sering menggunakan online banking, yaitu Domain Highlighting. Fitur ini adalah salah satu cara untuk mengatasi adanya Phising, yaitu cara untuk memperoleh informasi dari pengguna web seperti username, password, dll. Phising ini biasanya dilakukan dengan cara membuat website palsu yang hampir mirip dengan website aslinya. Fitur Domain Highlighting akan bekerja dengan cara menyorot nama top level domain halaman web yang Anda kunjungi secara otomatis. Anda dapat menentukan top level domain mana yang akan Anda kunjungi atau mana yang tidak.

Nah, fitur lainnya seperti Webslices adalah fitur menarik bagi Anda yang sedang ingin mengetahui informasi tanpa Anda harus direpotkan dengan membuka-buka secara periodik halaman suatu web. Fitur ini memudahkan Anda memperoleh "potongan" informasi yang akan ditampilkan di Favourite Bar sehingga lebih cepat diakses dan mudah. Namun sayangnya fitur ini tidak dapat dipakai bila halaman suatu web belum mendukung Webslices ini, sepertinya salah satu website di Indonesia yang sudah mendukung fitur ini adalah Kaskus.

Harapan dengan adanya penggunaan internet yang semakin murah tentunya bagi kita pengguna internet akan semakin "betah" untuk menjelajah dunia maya yang tidak ada batasnya ini. Browser yang tidak dapat mengakomodasi dalam hal kecepatan, keamanan dan fitur yang tidak lengkap tentunya akan semakin mudah ditinggalkan oleh para pengguna internet.

Lahirnya browser terbaru dan fitur yang ada didalamnya dari Microsoft ini, Internet Explorer 8, tentunya "menggoda" bagi kita untuk tidak menunggu-nunggu terlalu lama sehingga diharapkan bagi kita semua segera "mencicipi" inovasi terbaru tersebut. Tentunya masih banyak fitur-fitur lainnya yang terbaru yang perlu Anda coba di sini.




Bookmark and Share

0 comments

Related Articles