Teknologi informasi saat ini semakin penting dan sangat dibutuhkan misalkan saat kita mencari seseorang, ingin mengetahui keberadaan karyawan kita , dan masih banyak lagi. Dalam blog saya sudah pernah ditulis mengenai perangkat yang dapat mempermudah dalam pencarian orang.

Alternatif baru saat ini adalah produk Google yang diberi nama Google Latitude. Aplikasi ini dapat dihandalkan dalam memantau keberadaan seseorang, misalnya kita ingin memantau karyawan bagian marketing/sales. Biasanya si karyawan bila mendapat "job" untuk negosiasi bisnis di luar kantor bukannya langsung diselesaikan segera namun malah kesempatan untuk keluyuran ke mall atau ke tempat lain.

Namun sayangnya, Google Latitude ini hanya dapat dikolaborasikan dengan seluler tertentu seperti Blackberry, Android, Windows Mobile 5 ke atas, iPhone, dan Symbian S60. Bila belum memiliki ponsel tersebut, aplikasi ini dapat juga bekerja di notebook.

Bagi Anda yang ingin mencoba Latitude ini tentunya Anda diharuskan untuk mendaftarkan nomer ponsel Anda ke Google Latitude sedangkan bila melalui PC maka proses registrasi dapat melalui iGoogle. Kemudian Anda install aplikasi Google Map dan memiliki akun Google.

Google Latitude ini akan bekerja dengan Google Earth atau Google Map dan sudah tersedia di 27 negara. Meskipun di Indonesia sudah dapat dirambah Latitude ini namun tempat-tempat yang ditujukan belum terlalu akurat. Hal ini tentu saja bukan sebagai kendala dalam menggunakan aplikasi Latitude di Indonesia namun paling tidak dapat dipakai sebagai gambaran atau petunjuk tentang keberadaan seseorang yang sedang kita pantau.

Bookmark and Share

1 comments

  1. wiznu erouerz // 06 July, 2012 21:25  

    itu caranya melacak gmana ??? kalo melalui android gan ??? tolong jelaskan :)
    ane mau cari saudara ane

Related Articles