Tips Aman Menggunakan Facebook

Posted by Adrianto | 3/14/2009 10:08:00 AM | , | 1 comments »

Social Networking...! Itulah istilah yang saat ini sedang populer. Betapa tidak, dalam rangka pemilihan presiden di AS atau bahkan menjelang pemilihan presiden di Indonesia kini sudah banyak para kandidat yang mencalonkan diri dengan membangun suatu situs. Tidak itu saja, para kawula muda pun saat ini makin gemar menjalin pertemanan dengan menggunakan situs social networking ini. Salah satu contoh yang cukup populer adalah Facebook.

Semakin banyak pengguna dan fitur yang ada dalam situs jejaring sosial tersebut maka tidak akan lepas adanya masalah privasi dan sekuritas data-data pribadi. Tulisan ini tidak akan membahas penggunaan Facebook karena sudah pasti pembaca sekalian sudah familiar, namun ada tips buat mengamankan penggunaan Facebook itu sendiri.

Internet adalah fasilitas publik
  • Anda harus dapat memisahkan mana data yang dapat dipublikasi di internet dan mana yang tidak. Ingat, dengan "menelanjangi" data pribadi Anda maka secara tidak langsung data pribadi Anda tersebut dapat terancam. Jangan sembarangan memberikan data pribadi seperti nomer telpon, password, tanggal lahir, email, dan alamat. Bila kita mudah memberikan alamat email misalnya, maka ancaman spam akan datang bertubi-tubi.
Waspada dan tetap berpegang pada etika berinternet
  • Dalam berinternet kita harus waspada terhadap orang yang tidak kita ketahui secara jelas. Profil yang terpasang dalam Facebook harus terbaca dengan jeli dan jelas. Jangan sampai Anda tertipu dengan profil yang tidak jelas dan menipu. Selain itu bila Anda mendapat relasi baru dengan adanya pengguna yang ingin bergabung di Facebook Anda, maka Anda tetap berpegang dengan etika berinternet. Misalnya Anda dapat memberikan penjelasan baik melalui telpon atau messenger.
Awas, Virus dapat masuk ke Facebook
  • Anda harus berhati-hati terhadap link video atau aplikasi yang diberikan relasi Anda di Facebook. Anda jangan mudah percaya dengan mengklik link tersebut bila Anda tidak tahu betul / ragu karena bisa jadi link tersebut berisi virus atau spyware atau malware, dsb.
Perhatikan anak-anak dalam berinternet
  • Banyak pula saat ini anak-anak mencoba untuk membuat suatu Facebook atau social networking yang lain. Tidak disadari bahwa anak-anak tersebut mudah menjadi target kejahatan di internet. Anda harus berhati-hati dan menjaga anak-anak dalam beronline ria di internet.
Anda batasi hak akses bagi relasi Anda dalam Facebook
  • Hak akses yang ada dapat kita batasi dan bahkan bisa kita tutup untuk kemudian kita buka seperlunya sesuai kebutuhan kita.
Pastikan konfigurasi setting privacy dan security Facebook Anda
  • Anda dapat mengubah setting yang menyangkut privacy Anda dan profilnya di menu Settings dan kemudian pilih Privacy Settings.


Bookmark and Share

1 comments

  1. Wisata SEO Sadau // 11 May, 2009 18:24  

    Hi,
    What you write in this blog is very interesting. I'm Happy to find your blog.
    I really need this information.
    Thanks.

    Exchange Links Please!

    Wisata SEO Sadau

Related Articles