Pengalaman ini memang agak sedikit membingungkan bilamana kita tidak tahu ekstensi suatu dokumen yang kemudian berpengaruh pada tidak dapat terbacanya dokumen itu sendiri. Nah, kejadian sepele ini terjadi saat menerima email yang ditulis dengan menggunakan MS Office 2007 ( memang saat ini sudah banyak yang menggunakannya).

Pada awalnya sih sempat bingung juga karena ekstensi yang satu ini belum pernah muncul di benak saya karena terbiasa dengan menggunakan produk Microsoft yang sudah lama, MS Office 2003 dimana ekstensinya adalah .doc.

Saat dokumen penulis coba buka dimana sebelumnya ekstensi dokumen yang berakhiran .docx ternyata tidak dapat terbuka alias terbaca dengan MS Office 2003. Meskipun di rename file tersebut tetap tidak bisa. Setelah menjelajah di jagad maya internet memang keduanya tidak saling compatible sehingga diperlukan suatu media untuk dapat membukanya.

Nah, mau tahu solusinya...? Ternyata hal ini sudah diantisipasi oleh pihak Microsoft sehingga pengguna MS Office 2003 pun dapat membuka dokumen dari MS Office 2007. Anda hanya dipersilakan untuk mendownload fitur dari Microsoft yaitu Microsoft Office Compatibility Pack for Word, Excel, and PowerPoint 2007 File Formats.

Setelah Anda melakukan download dan install tersebut maka dokumen yang ditulis dengan MS Office 2007 dapat terbaca dengan MS Office 2003. Silakan mencoba...!

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles