Akhirnya datang juga...! Apanya ya...? Seperti pernah penulis uraikan dalam tulisan sebelumnya tentang NAS ( Network Access Storage ) yang diusung dengan merk QNAP TS 201, kini tiba saatnya akan diuraikan sekilas tentang penggunaan QNAP TS 239 Pro. Apa sih kelebihan produk ini dibanding sebelumnya...?

Penulis sengaja menggunakan produk ini karena memiliki cukup banyak fitur dengan kemampuan yang cukup handal dan harga yang relatif terjangkau untuk kalangan SOHO ( Small Office Home Office ). Saat pertama menggunakan sistem NAS sebelumnya, penulis belum tahu akan kemampuan QNAP TS 201 secara menyeluruh. Artinya NAS ini hanya berfungsi sebagai media penyimpanan saja.

Nah, karena " kebetulan " QNAP TS 201 nya bermasalah sedangkan dibutuhkan media tambahan backup maka dicoba untuk dieksplorasi lebih dalam dan menemukan QNAP TS 239 Pro ini. Ukuran media ini lebih kecil dan cukup ringan serta tidak memakan tempat terlalu banyak bila dibandingkan dengan QNAP TS 201. Boleh dibilang saat instalasi harddisk sangat mudah begitu pula konfigurasi menu yang ada didalamnya cukup lengkap.


QNAP TS 239 Pro ini sudah support untuk AD ( Active Directory ) di Windows Server sehingga Anda lebih dimudahkan dalam pengaturan user di lingkungan networknya. Kemampuan menyimpan data pun terbilang cukup handal pula. Penulis menggunakan harddisk WD Caviar Black 1 TB x2 dan mampu menggunakan sistem RAID 1 sehingga kita tidak lagi dipusingkan bila salah satu harddisk rusak. Jangan lupa Anda membaca compatibility harddisk disini untuk dipasang di QNAP TS 239 Pro.

Fitur backup secara otomatis juga tersedia dalam media ini yaitu dengan menggunakan Netbak Replicator sehingga jadwal backup dapat disesuaikan dengan kebutuhan. QNAP TS 239 Pro ini pula dapat dikonfigurasi untuk skedul otomatis shutdown dan restart.

Jadi dengan QNAP TS 239 Pro sebagai salah satu alternatif media penyimpanan data, kita tidak perlu lagikhawatir dengan kehilangan data penting pribadi maupun perusahaan. Bila Anda tertarik mengaplikasikan media ini dapat membacanya disini.


Bookmark and Share

0 comments

Related Articles