Keluarga Windows memang saat ini yang makin populer adalah Windows 7 namun karena Windows XP masih sangat relevan bagi kebutuhan operating system maka masih banyak pula yang memakainya.

Nah, untuk melengkapi sistem keamanan di PC maka penulis mencoba untuk bereksperimen menggunakan personal firewall free yaitu Comodo Internet Security Suite ( CIS ). Setelah proses download dan instalasi selesai maka berharap firewall gratis ini bisa menjadi "penjaga" komputer pribadi.

Fitur yang ada didalamnya memang cukup lengkap dan sebagai aplikasi gratisan maka Comodo ini dapat dihandalkan karena disamping ada fitur firewall terdapat pula fitur anti virusnya. Saat download aplikasi ini sebenarnya sudah tercantum untuk Windows XP SP2 namun kebetulan komputer pribadi masih tetap SP2 dan setelah diinstal Comodo ini dapat berjalan normal.

Setelah beberapa hari karena penulis "lupa" bahwa seminggu sebelumnya instal Comodo, penulis mencoba untuk upgrade SP3. Proses upgrade Windows XP SP2 ke SP3 memang cukup lama dan setelah proses instalasi update selesai dan PC restart, ternyata sistem mengalami blue screen sehingga tidak bisa login ke sistem Windows. Aduh, blue screen bisa menjadi "momok" karena kita tidak bisa menggunakan komputer.

Pengalaman adalah guru yang terbaik bahwa kalau kita tidak mencoba maka kita tidak akan pernah tahu. Betul, karena juga tidak yakin bahwa sebenarnya firewall gratisan ini hanya bisa "jalan" di Windows XP Sp2 maka begitu sistem operasi diupgrade ke Sp3 maka langsung muncul Blue Screen, sehingga satu-satunya jalan maka CIS harus di uninstall. Sistem pun dapat normal kembali setelah CIS diuninstall.

Mungkin pihak developer CIS harus mengupgrade pula aplikasi firewallnya supaya dapat berjalan di sistem Windows XP SP3. Sedangkan bagi Anda yang sudah memakai Windows 7, CIS ini sudah dapat digunakan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi ini maka dapat mendownloadnya disini.


Bookmark and Share

0 comments

Related Articles