Saat ini flashdisk adalah bukan barang baru bagi kita. Hampir semua kalangan menggunakan storage ini karena kepraktisan untuk dibawa kemana-mana. Namun karena sering dipakai untuk transfer data dari PC satu ke PC yang lain maka tentu flashdisk tsb akan rentan terhadap virus yang bisa menular ke PC.

Sebenarnya sumber permasalahannya adalah adanya fasilitas autorun yang ada di sistem operasi Windows. Autorun yang ada sejak era Windows XP berfungsi untuk memudahkan pengguna PC/komputer. Setiap kali kita memasukkan media eksternal (baik CD/DVD atau flashdisk) maka file autorun.inf di dalam media eksternal tersebut langsung berjalan agar isi di dalamnya bisa langsung dijalankan. Misalnya saat Anda memasukkan CD musik maka Windows langsung menjalankan Windows Media Player atau Winamp.

Namun hal tsb ternyata dimanfaatkan para pembuat virus untuk menularkan virus. Dengan memodifikasi file autorun.inf maka virus bisa langsung berjalan dan menularkan program jahat setiap kali flashdisk tertancap di komputer. Bisa pula sebaliknya: komputer langsung menularkan virus file autorun.inf ke setiap flashdisk yang pernah tertancap di PC.

Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan BitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine. Aplikasi ini gratis, jadi Anda bisa download di sini untuk BitDefender Immunizer dan Panda USB Vaccine di sini.

Cara menggunakannya sbb:

  1. Jalankan aplikasi tersebut, lalu mereka akan mendeteksi apakah fasilitas autorun di komputer Anda aktif. Jika Ya, aplikasi tersebut akan menawarkan Anda untuk mematikan fasilitas tersebut (dan sebaiknya Anda lakukan).
  2. Setelah itu, Anda tinggal imunisasi flashdisk yang hendak Anda lindungi. Pilih flashdisk dari menu yang ada, lalu tekan Immunize atau Vaccine.
  3. Kemudian, file autorun.inf di flashdisk Anda akan diganti dengan yang baru dan kebal penularan.

Anda tidak perlu khawatir untuk file data pekerjaan, kuliah, dan file penting lain di dalamnya tidak ada perubahan.

Selamat mencoba...

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles