Pengalaman penulis saat mengalami error message di Outlook 2003. Pada saat membuka Outlook 2003 penulis menemui error sbb :

"Outlook could not start because a data file to send and receive mail could not be found. To add a data file, such as a personal folder file, double-click the Mail icon in Windows Control Panel."

Nah, biasanya error tsb terjadi karena adanya uninstall Ms Office 2007 dan kemudian install Ms Office 2003. Setelah penulis install Ms Office 2003 ternyata masih timbul masalah dimana Outlook tidak dapat mengidentifikasi file bernama Personal Folder yang berekstensi .pst. Penulis tidak memiliki file tsb disini C:\Documents and Settings\\Local Settings\Application Data\Microsoft\Outlook.

Penulis mencoba untuk meng create New Outlook Data File dengan cara klik Mail pada Control Panel seperti pada gambar berikut

Disini penulis bingung juga untuk Add data files karena field yang kosong sehingga trial n error. Dicoba untuk scan dengan Inbox Repair Tool (scanpst.exe). Masih belum berhasil juga...hampir hopeless nih...! Kemudian ternyata setelah dicek di registry, bila Anda uninstall Office 2007 maka Office 12 tidak ikut terhapus sehingga hal ini menimbulkan crash bagi Office 2003. Berikut ini solusi bila Anda menemui error message seperti pada judul diatas sbb:

1. Backup dulu Registry Anda, jangan lupa karena bila salah maka bisa-bisa Windows Anda tidak jalan.
2. Setelah selesai cari registry code HKeyLocalMachine\Software\Microsoft\Office\12.0 dan
HKeyCurrentUser\Software\Microsoft\Office\12.0. Hapus kedua-duanya ( Delete ).
3. Kemudian delete file mapisvc.inf pada C:\Program Files\Common Files\System\MSMAPI\1033\mapisvc.inf dan C:\WINDOWS\system32\mapisvc.inf . Sebelumnya, untuk lebih amannya dicopy dulu file tsb ke folder yang berbeda.
4. Buka Outlook 2003 dan masih belum bisa karena mesti bikin New Outlook Data File dengan cara klik Mail pada Control Panel.
5. Setelah berhasil buat di tahap 4 maka sekarang di box Data File sudah ada datanya, tinggal pilih file yang support Outlook 2003, biasanya sudah default untuk highlight nya. Klik OK.

Selesai sudah beberapa tahap yang cukup panjang dan ternyata dengan menghapus registry dari Outlook 2007 tsb ternyata sekarang membuka Outlook 2003 jadi lebih mudah. Hanya saja perlu ekstra hati-hati untuk perubahan registrynya...

Tambahan untuk link sbb:

1. Cara create .pst file di Outlook 2003 disini
2. Download Inbox Repair Tool di Outlook disini

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles