Core i7: Prosesor Tercepat Dari Intel

Posted by Adrianto | 11/22/2008 07:59:00 AM | | 3 comments »

Kini saatnya Anda dapat mempercepat proses untuk nge games, mendengarkan alunan musik, maupun video editing dengan hadirnya Intel prosesor desktop core i7 di Indonesia tepatnya tanggal 20 Nopember 2008 di Jakarta sedangkan peluncuran perdananya di Amerika Serikat tanggal 17 Nopember 2008. Intel Core i7 ini diklaim sebagai the fastest processor in the planet. Dengan teknologi Turbo Boost dan Hyper-threading, prosesor ini mempercepat proses komputasi hingga 40 persen tanpa meningkatkan konsumsi energi. Turbo Boost diklaim akan menyesuaikan clock speed dengan transistor power gate berbasis teknologi 45 nm, high-k metal gate.

Country Manager Intel Indonesia, Budi Wahyu Jati, mengatakan bahwa "Ini merupakan tonggak sejarah bagi Intel, sebagai prosesor tunggal yang melebihi skor 100 poin dalam tes kecepatan proses komputasi". Dikatakan pula bahwa dengan diluncurkannya anggota pertama dari keluarga prosesor Nehalem ini merupakan kabar baik bagi industri film dan musik serta para gamers.

Prosesor terbaru ini memiliki teknologi Power Saving dan teknologi Hyper-threading. Teknologi Power Saving memungkinkan desktop berhibernasi dimana sebelumnya teknologi ini hanya dimiliki oleh notebook berbasis Intel. Sedangkan teknologi Hyper-threading memungkinkan komputer bekerja secara simultan. Hasil akhirnya, prosesor ini memberikan kinerja 8-threaded.

Dalam peluncuran tsb, David Cahyadi dari Intel Indonesia memperlihatkan perbedaan komputer berbasis prosesor Intel Core i7 dan komputer berbasis Intel Duo Core-2 yang sebelumnya diklaim sebagai yang tercanggih dengan menggunakan aplikasi Power Director. Hasilnya, sementara komputer berbasis Intel Duo Core-2 masih menjalani 10 persen loading, komputer berbasis prosesor Intel Core i7 sudah menyelesaikan proses rendering. Disamping itu, pekerjaan prosesor memiliki peranan penting bersama dengan grafis untuk memperlihatkan games terlihat lebih nyata, terutama untuk game 3D.

Produk Intel Core i7 baru ini akan tiba sekitar dua hingga tiga minggu mendatang di Indonesia. Harga Intel Core i7 tipe 920 dibandrol sekitar 300 dollar AS dan saat ini sekitar 35 motherboard dinyatakan telah mendukung Intel Core i7.

Bookmark and Share

3 comments

  1. Kina // 22 November, 2008 17:26  

    wah punyaku masih pake pentium 4 2.4Ghz. kayaknya uda lambreta ya di bandingkan dengan keluaran terbaru

  2. Anonymous // 22 November, 2008 18:45  

    Iya nih, perkembangan dunia IT pesat sekali. Meskipun saya sudah pakai Core 2 Duo, pengin ganti yang Core i7 yang lbh cepat. Tunggu harga turun..he..he..he

  3. By blogspot // 04 February, 2009 08:13  

    mas sy jg baru buat blog
    sy jg pke i7
    cara beri artikelnya gimana ?

Related Articles