Layanan WiFi di Virgin America

Posted by Adrianto | 11/26/2008 01:32:00 PM | , , | 0 comments »

Bila Anda ingin menikmati layanan WiFi sambil terbang sekitar 7 kilometer di udara (25.000 kaki) maka Anda dapat mencoba penerbangan di maskapai Virgin America. Ya, memang saat ini menikmati layanan internet sambil terbang bukan hanya impian namun itulah peluncuran layanan WiFi di Virgin America. Maskapai tersebut akan menghadirkan layanan ini untuk penerbangan komersial nantinya dan dinamakan layanan Gogo.

Seperti yang dikatakan Jurnalis Cnet, Kent German, bahwa Sinyal WiFi sudah terlihat setelah melewati ketinggian 10.000 kaki (sekitar 3 km) dan bekerja lebih cepat daripada layanan internet cable di rumah.

Virgin America baru menyediakan layanan ini untuk 1 unit Airbus A320 dan pada akhir November 2008 yang bertepatan dengan Thanksgiving Day di AS nanti akan dapat diakses secara komersial . Sedangkan pada kuartal kedua 2009 seluruh penerbangan Virgin America akan dapat menikmati layanan WiFi ini.

Bayangkan bila Anda menempuh perjalanan panjang tanpa ada hiburan maka sudah pasti Anda mengalami kejenuhan. Namun dengan adanya layanan WiFi ini maka perjalanan Anda lebih menyenangkan. Sambil menikmati penerbangan maka Anda dapat melakukan chatting, browsing, dan aktivitas email Anda. Bila Anda menyukai situs YouTube, layanan ini tentu saja tersedia.

Bagaimana layanan ini dapat bekerja di pesawat...?

Layanan WiFi tsb tersedia melalui Aircell yang berfungsi untuk memberikan power pada jaringan WiFi di dalam pesawat. Menara radio yang ada di darat akan mengirimkan transmisi EV-DO Rev A ke pesawat. Kemudian 3 antena yang terdapat di bada pesawat akan menerima sinyal tersebut untuk dikirimkan ke semua kabin pesawat. Semua handphone dan gadget atau perangkat yang dapat mengakses WiFi dapat menggunakan layanan ini.

Bagaikan sebuah hotspot pada umumnya, layanan di Virgin America ini mengubah pesawat Virgin menjadi sebuah hotspot WiFi dimana semua penumpang memiliki kesempatan yang sama dalam menggunakan notebook mereka untuk mengakses informasi di internet. Dan perlu diketahui bahwa layanan ini tidak terdapat content filtering namun fasilitas video chat dan voice nantinya akan diblokir.

Saat ini memang baru maskapai di AS yang sedang mengujicoba layanan WiFi di pesawat. Seperti yang dikutip di Cnet bahwa Amerika dan Delta juga memakai layanan Gogo dari Aircell tsb. Pada penerbangan selama 3 jam atau kurang, biaya layanan Gogo adalah $ 9,95 dan penerbangan selama lebih dari 3 jam dikenakan biaya $ 12,95.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles