Software Portabel Lebih Praktis

Posted by Adrianto | 11/26/2008 05:03:00 PM | | 0 comments »

Bila Anda memiliki kapasitas harddisk di PC Desktop atau notebook yang "pas-pasan" alias tidak banyak maka Anda perlu mempertimbangkan software portabel. Memang terlalu banyaknya software yang terpasang di komputer akan mengakibatkan kapasitas harddisk yang makin berkurang dan belum lagi dapat mengakibatkan performancenya melambat.

Nah, bila Anda juga seorang yang memiliki mobilitas tinggi atau Anda sering mengunjungi warnet maka software portabel ini layak Anda miliki. Aplikasi yang Anda butuhkan terkadang tidak tersedia di warnet atau kantor. Dengan menggunakan software portabel maka Anda tinggal mencolokkan USB ke komputer dan Anda bisa langsung menggunakan aplikasi yang Anda butuhkan. USB yang dibutuhkannya pun dapat menggunakan yang berkapasitas 512 MB.

Berikut beberapa software portabel yang sempat saya coba, diantaranya adalah:

A. Portableapps Suite

Aplikasi freeware ini cukup lengkap dan mudah digunakan melalui sebuah menu. Saat instalasi selesai akan terlihat interface yang cukup menarik. Anda dapat mendownload aplikasi ini di sini.
Anda dapat memperoleh sistem operasi portabel Mac on Stick yang dapat digunakan untuk menjalankan OS Mac OS Classic 7 secara portabel. Dalam aplikasi ini terbagi atas beberapa kategori diantaranya Internet, Music, Operating System, dan kategori lainnya yang dapat Anda lihat di menu utama. Aplikasi ini juga menyediakan game yang menarik seperti Sudoku, Breakout serta game musik Frets on Fire.

B. winPenPack

Jangan heran saat Anda melihat bahasa aplikasi ini di situsnya karena aplikasi freeware ini berasal dari Italia. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tersedia bahasa Inggrisnya juga sehingga cukup mudah dimengerti. Saat pertama saya mencoba aplikasi ini sempat juga terkejut dengan bahasa Italia nya dan setelah mencari-cari ternyata terdapat pilihan bahasa Inggrisnya. Okey, kita lanjut mengenai aplikasi ini.

Tampilan yang ada pada aplikasi portabel ini tidak kalah menariknya dengan yang saya sebutkan di atas. Menu yang ada dengan kategori yang rapi dan cukup mudah digunakan pula seperti pada menu Start Classic di Windows. Ada dua paket yang tersedia untuk segala keperluan yaitu winPenPack Flash Essential and winPenPack Flash 1Gb. Anda dapat memasukkan aplikasi portabel ini kedalam USB 512 MB untuk winPenPack Flash Essential. Sedangkan paket yang ditawarkan untuk keperluan khusus, tersedia winPenPack Flash School, winPenPack Flash Game, dan winPenPack Flash Web.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi portabel ini dapat didownload di sini.

Diantara dua aplikasi portabel tersebut, mana yang terbaik...? Silakan Anda sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan aplikasi yang ada didalamnya.

Selamat mencoba...!


Bookmark and Share

0 comments

Related Articles