Perkembangan dunia Teknologi dan Informasi semakin pesat termasuk masalah penyimpanan data atau storage. Belum lama ini Intel Corporation meluncurkan Solid-State Drives (SSD) Intel X18-M dan X25-M yaitu media penyimpan pengganti hardisk yang berbasis teknologi flash dengan multi-level cell (MLC) untuk komputer desktop dan laptop. SSD Intel X18-M adalah sebuah media drive 1,8 inchi dan X25-M adalah drive 2,5 inchi. Keduanya bertipe SATA dengan kapasitas 80GB. Intel berencana untuk memperkenalkan model 160GB pada kuarter keempat. SSD ini dapat digunakan untuk laptop maupun mini notebook karena beratnya yang ringan dan memakai power yang lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk.

Seperti diketahui bahwa Intel telah merilis prosesor tercepatnya, Core i7. Nah, agar supaya prosesor masa depan tersebut tidak mengalami efek bottleneck maka Intel mulai mengenalkan di pasaran SSD ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa SSD ini dapat meningkatkan performance media penyimpanan pada sistem hingga 9 kali dibandingkan hard disk drive tradisional.


SSD 80GB tersebut mampu mencapai read speed dengan kecepatan 250MB per detik dan kecepatan menulis 70MB per detik. SSD X18-M dan X25-M dapat membaca latency dalam waktu 85 microsecond, dan untuk harga infrastrukturnya seharga USD 595 untuk setiap pembelian sejumlah 1000 buah. SSD ini tersedia sekarang, dan produk ini menggunakan komponen Intel High-Performance SATA SSD yang diharapkan akan mulai dikirimkan dalam beberapa minggu mendatang.

Selain dua SSD di atas, Intel juga akan berencana memperkenalkan single level cell (SLC) SSD, X25-E SATA, untuk server dan storage, pertama kali pada bulan Agustus lalu dalam forum pengembang di San Fransisco, dan SSD tersebut akan siap kira-kira dalam waktu 90 hari. SSD X25-E SATA, menggunakan konsumsi daya yang lebih sedikit daripada harddisk, dan mengurangi harga infrastruktur, dan menambah performa 50 kali per square foot.

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles