Sebenarnya judul diatas sudah "jadul" dan tidak perlu diulas panjang lebar karena masalahnya cukup sepele. Fitur ini memang sebagian besar provider handphone (ponsel) tentu merupakan fitur yang cukup menarik buat para pelanggannya. Betapa tidak, bila kita sedang super sibuk atau tidak mau diganggu maka kita bisa mengalihkan telepon dari seseorang dengan menggunakan salah satu fitur ponsel yaitu Call Forwarding ( CF ) ini.

Fitur ini di beberapa operator seluler dapat berbeda-beda untuk konfigurasinya. Sepengetahuan saya (karena saya cuma pake dua provider yaitu Indosat dan Telkomsel) maka untuk konfigurasi di kedua provider tersebut memerlukan cara yang berbeda.

Nah, kejadian ini yang kemudian saya ingin berbagi mengenai masalah Call Forwarding tersebut. Seperti yang telah diulas diatas bahwa kita dapat menggunakannya bila kita tidak ingin diganggu pada jam-jam tertentu misal jam istirahat, jam makan, bahkan saat kita sibuk dengan pekerjaan.

Fitur Call Forwarding ini menurut saya lebih simple dan mudah bila kita menggunakan provider Indosat. Mengapa demikian...? Setelah saya mencoba untuk mengkonfigurasi fitur ini ternyata dengan menggunakan ponsel Sony Ericsson K 7501 dan Sony Ericsson C510 ( SE minded nich yeee...) sangat cepat dan mudah. Pada menu Setting pilih Divert Call ( yang ini para pembaca sekalian pasti sudah familiar kan..? ) kemudian pilih Activate dan masukkan nomer tujuan. Pilih Yes/Ok maka Call Forwarding sudah langsung bisa digunakan dan Anda sudah tidak terganggu lagi dengan dering telepon saat kita tidak mau menerima telepon dari seseorang. Begitu ada telepon masuk maka akan langsung dialihkan ke nomer tujuan yang sudah kita set tadi, tanpa informasi dari suara operator seluler.

Sedangkan untuk operator Telkomsel, ini dia nih yang begitu capek settingnya ( atau ini mungkin kebetulan aja kali menimpa saya ). Setelah setting seperti Indosat ternyata untuk Telkomsel agak butuh waktu bercapek ria. Pertama, setelah setting pertama (nyontek punyaknya Indosat gagal) maka kemudian saya meluncur ke Grapari terdekat dan tentu harus antri berjam-jam. Setelah ada penjelasan singkat dari customer service, dicoba beberapa kali juga tidak bisa. baru dicoba lagi dan bisa dengan fitur ini. Sayangnya, fitur CF ini belum "secanggih" dari Indosat dalam hal bunyi suara dari operator. Artinya meskipun sudah berhasil menggunakan CF ini masih ada saja suara otomatis dari operator seluler ( yang sebagian orang suara ini kadang menjengkelkan dan membikin pulsa kesedot ).

Kedua, setelah dicoba sendiri di rumah CF ternyata tidak berhasil juga ( aneh sih ). Penasaran hal ini kemudian saya coba telpon di Customer Care Telkomsel dan didapat penjelasan untuk aktivasi fitur CF ini. Kemudian saya dipandu untuk mengkativasikan terlebih dahulu dengan cara ketik di ponsel CF Nomer Kartu (SIMcard) Anda, kemudian kirim ke 6616. Setelah 2x24 jam fitur ini akan aktif. Setelah aktif, setting CF dengan cara ketik di ponsel **21*Nomer Tujuan Anda#, trus Send (kalo di ponsel SE lho).

Saat menulis blog ini saya sedang menunggu kabar baik dari Telkomsel untuk mengaktifkan fitur CF ini selama 2x24 jam....wuih lama banget yah.... Gitu aja koq repot...!

Bookmark and Share

0 comments

Related Articles